Dalam dua hari Presiden Jokowi memamerkan sebuah bahasa kekuasaan yang beragam, dari lurah, presiden hingga berbusana Raja Mataram..
Sumber :
  • Antara

Pelajaran Kekuasaan dari Jokowi: Dari Lurah, Presiden Hingga Raja, Apa Maknanya?

Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Presiden Jokowi dalam dua hari ini mempertontonkan aneka ragam bahasa kekuasaan, dari yang "simbolik" hingga "metaforik". Saat  Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung sosok 'Pak Lurah' terkait capres-cawapres dalam Pilpres 2024, ia mengaku heran siapa sosok 'Pak Lurah' yang disampaikan para politikus. Namun belakangan dia mengetahui bahwa sosok Pak Lurah tersebut ternyata dirinya sendiri. 

Saat Pidato Kenegaraan di kompleks parlemen Jokowi menyebut ia bukanlah seorang 'lurah' yang sering dipercakapkan para elit politik di sekitarnya. Jokowi mengaku ia semula tak paham dengan istilah 'Pak Lurah'. Belakangan ia mengetahahui yang disebut lurah adalah dirinya. "Ya saya jawab saja: Saya bukan lurah. Saya Presiden Republik Indonesia. Ternyata Pak Lurah itu, kode," ujarnya Jokowi. 

Lurah adalah pimpinan dari kelurahan sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota. Namun, istilah Lurah sering kali rancu dengan jabatan Kepala Desa. Memang, di Jawa pada umumnya, secara historis pemimpin dari sebuah desa dikenal dengan istilah Lurah. Namun dalam konteks Pemerintahan Indonesia, sebuah Kelurahan dipimpin oleh Lurah, sedang Desa dipimpin oleh Kepala Desa. 

Tentu saja keduanya berbeda, karena Lurah adalah Pegawai Negeri Sipil yang bertanggung jawab kepada Camat; sedang Kepala Desa bisa dijabat oleh siapa saja yang memenuhi syarat, dan dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) seperti yang di berlakukan sekarang secara nasional.

Apakah dengan mengenakan Kuluk Raja Mataram, Jokowi tengah memberikan kode "simbol" yang "imajinatif" ihwal dirinya kini bak seorang "raja"? (Sumber Foto: Antara)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
01:18
03:15
01:04
01:48
09:36
Viral