Bakal calon presiden Anies baswedan di FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).
Sumber :
  • tim tvone/Bagas

Anies Baswedan Minta Wilayah di Luar Pulau Jawa Dapat Intervensi Pembangunan Perekonomian

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:33 WIB

Jawa Barat, tvOnenews.com - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan menyebutkan bahwa ada ketimpangan pembangunan perekonomian, pemerintah terlalu fokus pada Pulau Jawa.

Hal ini dia sampaikan saat berpidato dalam kegiatan, Kuliah Kebangsaan Fisip UI: Hendak ke Mana Indonesia Kita, di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

"Kita merasakan kontribusi perekonomian masih terkonsentrasi di sebuah wilayah, bisa saksikan separuh lebih di Pulau Jawa, Kalimantan 9 persen, Sulawesi 7 persen, sisi Timur 2,5 persen, sisi Barat 2,2 persen," kata Anies.

Oleh karena itu, eks Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar pemerintah meningkatkan pembangunan perekonomian di wilayah luar pulau Jawa.

"Ini perlu ditingkatkan, bukan Jawa yang diturunkan tapi di luar Jawa mengalami intervensi untuk peningkatan," tutur dia.

Sehingga apabila terjadinya intervensi peningkatan pembangunan perekonomian di wilayah luar pulau Jawa, ini akan berdampak pada tenaga kerja tidak berbondong-bondong pindah ke wilayah Jawa yang masif akan lapangan pekerjaan.

"Maka dengan cara itu lah tenaga kerja tidak terdorong untuk pindah ke tempat yang ada pekerjaan mayoritas ada di pulau Jawa," tandas dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral