Menkes bongkar sumber polusi udara Jakarta yang paling berbahaya.
Sumber :
  • Istimewa

Menkes Bongkar Sumber Polusi Udara Jakarta yang Paling Berbahaya, Ternyata…

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan sumber paling berbahaya yang menyebabkan terjadinya polusi udara di Jakarta.

Dia mengatakan sumber polusi udara yang paling berbahaya adalah partikel 2.5. Dianggap paling berbahaya karena memiliki partikel yang sangat kecil.

“Karena ini partikelnya kecil sekali, bisa masuk ke pembuluh darah, lalu masuk ke paru. Hampir di semua negara yang polusinya tinggi yang diukur adalah partikel 2.5 micro,” papar Budi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

Dia menjelaskan sumber partikel 2.5 itu berasal dari pembakaran karbon yang terjadi di Jakarta maupun pinggiran Jakarta.

“Bisa pembakaran karbon yang ada di bensin untuk transportasi, bisa pembakaran karbon yang ada di industri yang banyak pembakarannya seperti smelter industri baja itu kan butuh heating, bisa juga pembakaran sampah karena ada unsur karbonnya,” jelas Budi.

Menurutnya, partikel 2.5 itu bisa memicu terjadinya berbagai macam penyakit pernapasan seperti infeksi saluran atas, infeksi paru hingga asma.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral