Lokasi yang terdampak Abrasi Laut.
Sumber :
  • tim tvOne/Dadi Putra

Dampak Abrasi: Tiga Desa Di Bengkalis Terancam Tenggelam dan Titik Nol Telah Bergeser

Minggu, 21 November 2021 - 15:56 WIB

Bengkalis, Riau -  Abrasi laut mengancam tiga desa di Kabupaten Bengkalis, Riau. Sebanyak 400 kepala keluarga merasakan dampak langsung dari abrasi tersebut.

Dari pantauan tim tvonenewscom, yang terdampak langsung dengan abrasi antara lain sejumlah perkebunan kelapa sawit milik warga, rumah dan beberapa fasilitas umum seperti jalan, bangunan sekolah dan pasar tradisional. Bahkan titik nol ikut bergeser sekitar 1-2 Kilometer.

Dari tiga desa yang terdampak, terparah dialami Desa Tambang Pesisir. Sementara dua desa lainnya yakni Muntai dan Muntai Barat tidak terdampak separah Tambang Pesisir.

Ketiga desa tersebut berada di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis yang wilayahnya berhadapan langsung dengan Selat Malaka. 

Kepala Desa Tambang Pesisir, Paslah, menyebutkan saat ini desa Tambang Pesisir hanya berjarak 20 meter dari bibir pantai.

"Abrasi bukan saja mengancam pemukiman warga tapi juga mengancam perkebunan seperti kelapa sawit dan karet karena diterjang abrasi laut. Selain itu juga mengancam kedaulatan negara Indonesia karena pergeseran akibat abrasi," kata Paslah.

Sementara, Solihin tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa abrasi sudah terjadi sejak lama dan menggerus bibir pantai di tiga desa yang berada di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral