Kali yang Menjadi Tempat Pembuangan Saluran Air Warga Ciracas, Jakarta Timur.
Sumber :
  • tim tvOne/Simon Tobing

Ratusan Rumah di Ciracas Tak Miliki Septic Tank, Limbah Tinja Dibuang Langsung ke Kali

Senin, 22 November 2021 - 17:53 WIB

Jakarta - Ratusan rumah di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur tak memiliki septic tank. Akibatnya, mereka membuang limbah tinja langsung ke aliran kali yang berada di belakang rumahnya.

Salah satunya Sarmili, warga Jalan Tanah Merdeka Sepuluh, Kelurahan Rambutan, Jakarta Timur. Ia mengatakan sejak mendirikan rumah 39 tahun lalu, ai dan warga lainnya memang tidak memiliki septic tank karena kondisi pada waktu itu masih sepi.

"Harapan saya ada septic tank yang dibuatkan pemerintah, dari awal bangun tidak buat dulu kan kosong jadi saya pikir tidak usah, jadi langsung ke kali," kata Sarmili.

Meski sempat ditegur pihak kelurahan, ia mengaku tak mampu membuat septic tank lantaran terkendala biaya. Namun dia bersedia memberikan lahan untuk pembuatan septic tank.

"Pernah disuruh buat, tapi tidak ada biaya, kontrakan aja murah, bukan apa ya tapi tidak ada biaya, tapi lahan ada," ujarnya.

Sementara itu, Abdul Khoir selaku Sekretaris Kecamatan Ciracas mengatakan pihaknya telah memberikan teguran dan solusi dengan membangun septic tank di setiap kelurahan melalui penggalangan dana kemanusiaan.

"Dari 1. 126 rumah yang belum punya septic tank, saat ini tinggal 406 rumah tangga. Kami berupaya dari dana kemanusiaan, sumbernya diprakarsai camat dan donaturnya warga yang mampu, kami buatkan septic tank jumlahnya 36 unit dari 42 KK yang tersebar di lima kelurahan," kata Abdul kepada tim tvonenews.com, Senin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral