ilustrasi penutupan PT Bahana Indokarya Global.
Sumber :
  • dok. DLH DKI Jakarta

Masalah Polusi Udara, Heru Budi Pastikan Pabrik yang Bandal Akan Kena Sanksi

Senin, 11 September 2023 - 10:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Polusi udara di DKI Jakarta masih menjadi perhatian seluruh pihak, salah satunya bangunan pabrik sebagai penyumbang polusi terbesar. Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memastikan akan memberi sanksi tegas kepada pabrik yang dibangun tidak sesuai regulasi.

"Ada tahap-tahapan yang pertama diberikan panduan agar mereka mematuhi aturan-aturannya, kan sudah ada kalau bangun pabrik dan lain-lain itu ditaati aturan, jika tidak tentunya akan berdiskusi dengan Kementerian Lingkungan Hidup," jelas dia, di Jakarta, Senin (11/9/2023).

Sebagai contoh implementasi sistem regulasi pembangunan pabrik, Heru Budi sebut sudah memberi sanksi beberapa pabrik di DKI Jakarta.

"Kemarin kan sudah ada satu dua (pabrik), akan tindak secara hukum iya kalau mereka sudah melanggar aturan apalagi lingkungan hidup. Kita akan lakukan tindak tegas, dan apalagi kalau tidak sesuai dengan tata ruang, tidak sesuai dengan perizinan syarat-syaratnya kita akan lakukan," tandas dia.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menindak tegas perusahaan pergudangan dan penyimpanan (stockpile) batubara PT Bahana Indokarya Global yang berlokasi di Jakarta Timur, Kamis (31/8/2023).

Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto menuturkan bahwa perusahaan tersebut diberi sanksi administratif berupa paksaan karena terbukti belum melengkapi pengelolaan lingkungan yang berpotensi mencemari lingkungan.

"Selain belum melengkapi dokumen pengelolaan lingkungan, terdapat beberapa temuan pelanggaran yang sama seperti hasil sidak kemarin, sepertinya pelanggaran itu jadi masalah klasik perusahaan stockpile batubara," kata dia, saat dihubungi, Jumat (1/9/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral