Pemerintah sebut aturan gaji tunggal atau single salary bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan segera diberlakukan..
Sumber :
  • Antara

Pemerintah Bakal Segera Terapkan Aturan Gaji Tunggal Bagi ASN-PNS

Selasa, 12 September 2023 - 05:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Pemerintah sebut aturan gaji tunggal atau single salary bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan segera diberlakukan. Nantinya,seluruh tunjangan melekat yang diterima PNS akan dihapus, sehingga abdi negara itu hanya akan menerima satu penghasilan, yang terdiri dari unsur jabatan (gaji) dan tunjangan (kinerja dan kemahalan).

"Konsep kebijakan reformasi sistem pensiun dan single salary bagi ASN," ujar  Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (11/9). 

Tunjangan melekat yang selama ini diterima PNS adalah tunjangan umum, tunjangan jabatan, tunjangan makan, tunjangan anak, serta tunjangan suami/istri. 

Dalam laman BKN, desain gaji PNS menganut pola single salary, yakni PNS hanya akan menerima satu jenis penghasilan yang merupakan gabungan berbagai komponen penghasilan. Single salary system yang diterapkan terdiri atas unsur jabatan (gaji) dan tunjangan (kinerja dan kemahalan).

Sistem grading akan ditetapkan dalam menentukan besaran gaji di beberapa jenis jabatan PNS. Gaji merupakan imbalan yang diberikan kepada PNS sebagai bentuk balas jasa atas pekerjaanya. 

Grading adalah level atau peringkat nilai/harga jabatan yang menunjukkan posisi, beban kerja, tanggungjawab dan risiko pekerjaan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral