Ketua IMANI KH Ibnu Mulkan (tengah-sorban putih).
Sumber :
  • tvOne

Moderasi Beragama Guna Cegah Konflik Antar Umat Beragama

Rabu, 24 November 2021 - 03:00 WIB

Jakarta, tvOne

Di tengah gejolak sejumlah wacana yang mengancam persatuan antar-umat beragama di Indonesia, Ketua Inovasi Muballigh Nurul Ibad (IMANI) Indonesia, KH Ibnu Mulkan, menggelar diskusi Moderasi Tokoh Agama yang merupakan program unggulan dari Kementerian Agama.

Menyongsong Tahun Toleransi Antar Umat Beragama menjadi tema besar yang diusung dalam diskusi tersebut menyoroti beberapa hal, di antaranya maraknya tagar #bubarkanMUI dan sebaliknya turut menjadi perhatian oleh para tokoh antar agama dalam diskusi yang diselenggarakan di Hotel Teras Kita, Jakarta. 

“Kami melaksanakan acara ini tidak lain adalah untuk merukunkan seluruh antar umat bergaam di Indonesia ini. Masing-masing agama memiliki kegiatan ibadahnya, tetapi untuk kepentingan Negara tentunya kita antar umat beragama harus kompak dan damai demi persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Kyai Ibnu.

Ia menambahkan, untuk jangan pernah meremehkan hal-hal kecil seperti diskusi tentang moderasi beragama ini, sebab berangkat dari hal kecil inilah maka persatuan dan kesatuan Indonesia dapat dicapai.

“Ini adalah buih-buih yang harus kita bina terus. Dari hal kecil, menengah sampai besar terus berkesinambungan yang melibatkan lebih banyak lagi komponen masyarakat. Dengan demikian mari kita sinergikan, kita istiqomah dengan hal-hal semacam ini,” jelas Kyai Ibnu.

Sementara itu, salah satu narasumber acara diskusi yang merupakan ulama Betawi dari Lubang Buaya, KH Muhammad Syakrim menyampaikan bahwa dengan acara diskusi seperti ini, diharapkan persamaan semangat dalam ikatan persatuan negara dan bangsa Indonesia dapat terwujud.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral