Ratusan buruh lakukan sweping ke dalam pabrik di Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021).
Sumber :
  • tim tvOne - erfan septyawan

Demo Buruh di Majalengka Diwarnai Aksi Sweeping ke Dalam Pabrik

Rabu, 24 November 2021 - 17:52 WIB

Majalengka, Jawa Barat - Aksi demo ribuan buruh di kabupaten Majalengka diwarnai aksi sweeping ke sejumlah pabrik, Rabu (24/11/2021). Sweeping tersebut dilakukan untuk mengajak buruh yang masih bekerja agar ikut turun ke jalan menuntut kenaikan UMK yang layak.

Video kericuhan buruh saat mensweeping sejumlah pabrik pun tersebar luas di aplikasi perpesanan whatsapp. Tampak massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Majalengka memaksa masuk ke sebuah pabrik dengan merobohkan pagar.

Setelah pagar roboh, massa buruh langsung berlarian masuk kedalam pabrik. Petugas keamanan pabrik sempat mencoba menghalangi massa. Namun jumlah massa yang jauh lebih banyak dari petugas keamanan membuat buruh berhasil masuk ke dalam pabrik.

Di dalam pabrik, massa meminta semua buruh yang masih bekerja untuk keluar dan ikut bergabung dengan buruh lainnya. Melihat pabriknya diserbu massa, para pekerja spontan langsung keluar meninggalkan ruangan.

"Keluar, keluar keluar," teriak massa buruh seperti dilihat dalam video.

perwakilan Aliansi Buruh Majalengka Asep Odin membenarkan jika ada sweeping ke sejumlah pabrik dalam aksi buruh yang turun ke jalan dalam rangka menuntut kenaikan UMK 2022.

"Betul ada aksi sweeping," singkat Asep saat dikonfirmasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral