Jenderal Nasution dan Mayjen Soeharto.
Sumber :
  • istimewa

Gegara Kelaparan, Pasukan Penyokong G30S PKI dari Jawa Tengah dan Jawa Timur Ini Terpaksa Membelot ke Soeharto

Sabtu, 23 September 2023 - 05:05 WIB

tvOnenews.com - Jelang operasi militer G30S PKI, Letkol Untung Cs terus menggelar rapat persiapan secara maraton sejak tanggal 6 September 1965 hingga jelang hari H operasi.

Rapat maraton itu dilakukan berpindah-pindah lokasi, diantaranya digelar di rumah pimpinan Biro Khusus PKI Sjam Kamaruzaman, dan juga di rumah Kolenel Latief, Komandan Brigade Infanteri Kodam V Jakarta Raya.

Sebelumnya, pada Mei 1965 dalam sidang Pleno IV CC PKI, turun perintah dari DN Aidit, pemimpin tertinggi Partai Komunis Indonesia, kepada Biro Khusus PKI, untuk mempersiapkan kekuatan militer guna memberikan pukulan terhadap “Dewan Jenderal” dan membuat suatu konsep gerakan terbatas.

Dalam buku "Malam Bencana 1965 dalam Belitan Krisis Nasional, Bagian I Rekonstruksi dalam Perdebatan, Diterbitkan pertama kali oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Saleh As’ad Djamhari menulis,

Foto: Cuplikan film pengkhianatan G30S PKI

Pada bulan Agustus 1965, Sjam Kamaruzaman kemudian menyusun konsep pada  yang berisi rencana pola-pola pemikiran organisasi dan personel yang akan duduk dalam gerakan. 

"Atas saran Aidit, Sjam harus segera mengadakan pertemuan dengan tokoh pimpinan gerakan yang disetujui pencalonannya dan langsung memimpin rapat-rapat persiapan." ungkap Saleh As’ad Djamhari.

Selanjutnya atas perintah D.N. Aidit, Ketua Biro Khusus Sjam mengadakan rapat dengan para anggotanya di rumahnya pada tanggal 14 Agustus 1965.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
07:50
06:25
05:02
05:06
03:25
Viral