Bedah Operasi 'Pasukan Siber' 3 Bakal Capres,Ternyata Seperti Ini Medan Perangnya....
Sumber :
  • tim tvone/Andri Prasetyo

Bedah Operasi 'Pasukan Siber' 3 Bakal Capres, Ternyata Seperti Ini Medan Perangnya...

Jumat, 29 September 2023 - 06:35 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Pasukan siber dari tiga bakal calon presiden (bacapres), rupanya sudah turun gelanggang lebih awal, bahkan sebelum kampanye Pilpres digelar. Indikasi adanya pasukan siber yang beroperasi ini ditemukan oleh sebuah lembaga riset di Universitas Gajah Mada (UGM).

Lembaga Center for Digital Society (CfDS) UGM menangkap radar bahwa ada pergerakan pasukan siber’ (cyber troop) yang dilakukan oleh semua bacapres, baik Anies Baswedan, Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Temuan ini berdasarkan hasil riset yang dipantau dalam media sosial X atau twitter.

Lembaga itu menyimpulkan bahwa Prabowo Subianto muncul sebagai bacapres 2024 yang paling banyak disebut dalam media sosial X. Sedangkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024 yang paling banyak di-'mention' dan di-'reply' pada medsos X tersebut.

Sementara Anies Baswedan menciptakan klaster dengan interaksi paling aktif dibanding bacapres lain seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Berdasarkan temuan-temuan ini, CfDS meyakini bahwa media sosial, khususnya X, akan memainkan peran kunci dalam Pemilu 2024. 

“Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih dalam tentang dinamika politik di era digital, serta mendorong diskusi yang sehat dan konstruktif menjelang Pemilu 2024 di Indonesia,” kata Manager Riset CfDS UGM Agung Tri Nugraha, di Sleman Yogyakarta, dikutip Jumat (29/9/2023).

Adapun riset yang dilakukan CfDS dilakukan sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2023. Data tersebut mencakup berbagai macam cuitan, komentar, dan interaksi yang terkait dengan pemilihan presiden dan isu-isu politik terkini.

Adapun kata kunci yang digunakan dalam pengambilan data meliputi Pemilu, Capres, dan Partai Politik.

"Kami telah mengumpulkan sebanyak 59.155 posts dengan menggunakan beberapa kata kunci terkait Pemilu 2024, Capres, dan Partai Politik. Setelah menghapus posts yang duplikatif, tersisa 50.503 posts," ujarnya.

Dalam riset tersebut, CfDS juga menemukan adanya interaksi warganet X terkait figur-figur politik di Indonesia dan para Bacapres yang akan berkompetisi pada Pemilu 2024. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral