Vaksinasi Lansia di Kendari Belum Capai Target.
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Ternyata Ini Penyebab Target Vaksinasi Lansia Di Kendari Tak Tercapai

Rabu, 23 Juni 2021 - 15:16 WIB

Kendari, Sulawesi Tenggara - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga saat ini belum optimal atau masih jauh dari target yang telah ditentukan. Kesadaran atau minat masyarakat mengikuti program vaksinasi terbilang masih sangat rendah. Inilah yang menjadi penyebab target vaksinasi lanjut usia (lansia) tidak tercapai.

Hal tersebut terjadi karena masih banyak masyarakat yang menerima informasi simpang siur tentang dampak suntikan vaksin.

"Memang kendala yang kita hadapi utamanya di vaksinasi lansia. Rasanya sudah dua bulan kita betul-betul berjibaku berupaya sangat keras tapi capaian kita masih di posisi 22 persen," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum.

Kadinkes menyebut izin dari anggota keluarga menjadi kendala utama khususnya bagi golongan lanjut usia.

"Terkhusus untuk lansia biasanya justru anggota keluarga yang lain yang tidak mengizinkan orang tuanya untuk divaksin," tambahnya.

Sejak April lalu program vaksinasi gelombang kedua sudah dimulai. Namun hingga Juni ini, capaian vaksinasi bagi lansia baru mencapai 22 persen atau sekitar 4 ribu lansia.

Padahal berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Kendari, target vaksinasi bagi lansia sebanyak 18.634 orang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
01:42
10:01
02:16
01:09
01:25
Viral