Petugas bersama warga tengah membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan penghubung.
Sumber :
  • tim tvOne - Lutfi Setia Rafsanjani

Tebing Setinggi 5 Meter di Sumedang Longsor Tutup Akses Jalan

Jumat, 26 November 2021 - 17:03 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Material tanah tebing yang longsor masih menutup badan jalan di Desa Cimungkal, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Jum'at (26/11/2021) pagi. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tebing setinggi 5 meter ambrol dan memutus akses jalan alternatif penghubung wilayah Cimungkal Wado Kabupaten Sumedang dengan wilayah Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI-Polri, Satpol PP dibantu warga sekitar, melakukan upaya evakuasi material longsor yang menutupi badan jalan, menggunakan peralatan seadanya.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Asep Ramdani mengatakan, longsor diduga akibat intensitas hujan yang lama sejak Kamis siang hingga malam hari.

"Kemarin diperkirakan sekitar jam 5.30 (17.30 WIB) ketika hujan dengan intensitas lama, telah terjadi pohon tumbang disertai tanah longsor," kata Asep di lokasi longsor.

Asep menjelaskan, longsoran tebing setinggi 5 meter dengan panjang  longsoran sekitar 10 meter itu, menutup badan jalan penghubung Sumedang-Majalengka.

"Hari ini kita melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran, untuk membuka kembali akses jalan yang terputus," Tutur Asep.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun untuk sementara, akses baru bisa dilalui kendaraan roda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat masih harus menunggu hingga proses pembersihan selesai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral