Dua Sungai Meluap.
Sumber :
  • Fahmi

Sungai Binge dan Bekiung Meluap, Warga di Dua Kecamatan Khawatir Tak Dapat Mencari Ikan

Sabtu, 27 November 2021 - 01:16 WIB

Langkat, Sumatera Utara – Tingginya intensitas curah hujan di wilayah Sumatera Utara, dalam beberapa hari terakhir. Membuat aliran air Sungai Binge dan Sungai Bekiung, di Kabupaten Langkat Meluap, dengan ketinggian air sungai mencapai 1,5 Meter. Ketinggian debit air sungai dan hampir ke rumah penduduk, membuat sebahagian Masyarakat di Kecamatan Binjai dan Kecamatan Selesai, khususnya warga yang tinggal berdekatan di aliran Sungai, tidak bisa mencari nafkah dan khawtir akan terjadi hujan turun kembali.

Hal tersebut, dikarenakan luapan dua aliran sungai Menyatuh menuju Sungai Wampu, sehingga tidak bisa membuat warga turun ke sungai untuk menangkap ikan, terutama mencari ikan jenis Baung. Sebab air sungai sangat deras sehingga menyulitkan warga untuk menjala atau mancing ikan.

Menurut Jon, warga Kwala Begumit, Kecamatan Binjai, keseharian mencari ikan di sungai mengatakan. Meluapnya aliran Air Sungai Binge dan Sungai Bekiung di perkirakan terjadi pada Jumat (26/11/2021) pagi sekitar pukul: 03:00 WIB dan Sore ini air sungai belum juga terlihat surut.

“Sampai sore ini pukul.18:00 Wib kondisi air sungai masih meluap dan Ketinggian air sungai mencapai 1,5 meter lebih, karena saya lihat pagi tadi air sudah mencapai 2 meter lebih dari dasar sungai. Saya rasa air sungai mulai naik sejak jumat pagi, di karenakan hujan cukup di daerah sini sangat deras,” Ucap jon Jumat (26/11/2021) Sore, kepada tvonenews.com.

Jon menambahkan, Ke-2 Sungai tersebut selama ini menjadi andalan warga. Dimana warga sekitar  memenuhi kebutuhan hidup sehari hari mencari ikan ke sungai kemudian di jual ke Agen ikan.

“karena sungai meluap ya kami tidak bisa mencari ikan, apabila air sungai normal dari dasar hanya 1 meter kami bisa turun ke sungai menjala, memancing ikan, Sungai ini banyak ikan, Seperti  jenis ikan Baung,” Tutup Jon.
 
Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral