Pelajar dan Mahasiswa terlibat aksi saling dorong dengan Aparat di depan Pengadilan Negeri Makale.
Sumber :
  • Tim Tvone-Joni

Ricuh Demo Pelajar SMA dan Mahasiswa Tuntut Pengusutan Mafia Tanah di Pengadilan Makale

Selasa, 30 November 2021 - 10:03 WIB

Tana Toraja, Sulawesi Selatan - Demo ribuan pelajar SMA Negeri 2 Rantepao dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di depan Pengadilan Negeri Makale Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (30/11/2021) berujung ricuh. Aksi tersebut dilakukan setelah putusan Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Pemkab Toraja Utara, terkait kasus sengketa Lapangan Gembira beberapa waktu lalu. Dimana di atasnya dibangun sejumlah fasilitas pemerintah seperti gedung SMA Negeri 2 dan gedung olahraga.

 

“Tentu saja ada kepentingan provinsi di sini. Jawaban awal Pemkab sudah mengutarakan kalau lokasi itu sudah milik provinsi. Ditambah lagi, dengan adanya UU nomor 23 tahun 2014, kewenangan SMA sederajat itu masuk dalam kewenangan provinsi, makanya kami melakukan perlawanan,” ungkap Mauli Yadi Rauf, Biro Hukum Pemprov Sulsel.

 

Menurut Mauli, putusan MA sama sekali mengabaikan hak milik Provinsi Sul-Sel. Dirinya pun berencana akan membeberkan bukti-bukti di sidang gugatan nantinya.

 

“Kami sayangkan MA mengabaikan itu. Kami nanti ajukan bukti-buktinya di persidangan,” tegas Mauli.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
04:10
Viral