Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Saat di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Minggu (5/12/2021).
Sumber :
  • Antara

Gubernur Jatim Prediksi Tanggap Darurat Hingga 6 Bulan Ke Depan

Minggu, 5 Desember 2021 - 23:13 WIB

Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memprediksi tanggap darurat dapat terjadi antara lima hingga enam bulan mendatang. Hal tersebut disebut Khofifah akibat tebalnya abu vulkanik yang menutupi wilayah yang terdampak.

"Ada opsi tanggap darurat bisa lebih lama, karena rumah warga tertimbun abu vulkanik empat hingga lima meter, bisa makan waktu lima hingga enam bulan k depan," ujar Khofifah dalam program tvOne, Apa Kabar Indonesia Malam, Minggu (5/12/20210.

Orang nomor satu di Jawa Timur itu berharap, ke depannya, pemberitahuan mengenai peningkatan kondisi gunung api dan imbauan evakuasi warga tidak diberikan dalam waktu dekat.

"Untuk berikutnya diharapkan warning diberikan tidak dalam waktu pendek," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Khofifah dari masyarakat di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, informasi yang didapat warga sekitar satu jam sebelum erupsi Gunung Semeru.

"Kalo masyarakat di Kampung Renteng, saat saya tanya apakah dapat info sebelumnya, mereka bilang iya kira-kira satu jam, dalam satu jam itu mereka tidak sangka," ujar Khofifah.

Khofifah juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait, jika memang nantinya diperlukan relokasi terhadap hunian penduduk yang saat ini terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral