Kondisi Permukiman Warga yang Tertimbun Material Guguran Awan Panas Gunung Semeru.
Sumber :
  • Antara

Tim Fokus Evakuasi Korban di Tiga Lokasi Pada Pagi Ini

Senin, 6 Desember 2021 - 06:49 WIB

Lumajang, tvOne

Tim penyelamat fokus sisir dan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di tiga lokasi pada pagi ini. Rencananya akan dilakukan di ring satu tepatnya di bawah jembatan perak, ring dua di Dusun Kampung Renteng dan ring tiga Dusun Kebondeli semuanya berada di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro.

Menurut Darwan Darusalam, petugas pengendali posko pengungsian balai Desa Sumberwuluh. Pada Senin dini hari tepatnya pukul 03.00 WIB terjadi getaran dari Gunung Semeru yang membuat warga di pengungsian berhamburan.

" Pada dini hari terjadi getaran yang membuat warga di Sumberwuluh berhamburan dan akhirnya warga melakukan evakuasi mandiri ke titik-titik aman," tuturnya.

Wawan kepada tvOne menjelaskan rencana evakuasi pada hari ini, " menurut arahan PIC hari ini akan fokus pada tiga titik, tentunya kalau kondisi cuaca memungkinkan," jelasnya.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencatat data sementara sebanyak 2.970 rumah terdampak awan panas guguran Gunung Semeru.

"Hingga hari ini pukul 17.00 WIB untuk kerusakan rumah tercatat sebanyak 2.970 rumah dan 13 fasilitas umum berupa jembatan, sarana pendidikan, dan tempat ibadah juga mengalami kerusakan," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo di Lumajang, Ahad malam.   

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
04:46
01:55
02:26
02:13
05:10
Viral