Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • ANTARA

Gibran Sebut Anak Muda Indonesia Tak Kalah Kreatif Dari Korea, Tapi Perlu Pendampingan

Kamis, 7 Desember 2023 - 21:58 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan, pentingnya negara mendukung industri ekonomi kreatif.  Menurutnya, dukungan pada industri kreatif harus disiapkan lengkap mulai dari awal hingga produk bisa masuk ke market.

Wali Kota Solo ini mengaku di wilayahnya sudah memulai pendampingan untuk industri kreatif dengan memperbanyak space bagi anak muda berkreasi. 

Antara lain penyediaan Creative Hub, Koridor Ngarsopuro dan Koridor Jalan Gatot Soebroto, hingga Solo Techno Park.

Salah satu program unggulan Solo yang bisa dinasionalkan yakni kemudahan akses pembiayaan bagi UMKM maupun Start-Up yang belum memiliki aset.

"Misalnya kalau di sini kan ada Bank Jateng yang memang menyediakan program khusus startup, jadi kita buat startup yang belum punya aset agar bisa bankable. Jadi mereka bisa mengakses permodalan tanpa agunan. Itu yang paling penting," tutur Gibran, Kamis (7/12/2023).

Gibran mengaku ingin membawa program kemudahan akses pembiayaan bagi Start-Up yang belum memiliki aset ini ke tingkat nasional. Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo ini, kemudahan akses pembiayaan menjadi salah satu sektor yang krusial bagi majunya industri kreatif di Indonesia.

Ia melanjutkan, program itu dapat menjadi dasar bagi pemerintah untuk mempermudah para pelaku industri kreatif di seluruh Indonesia. "Karena ini sudah jalan (di Solo), jadi harus kita nasionalkan programnya," ujar Gibran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral