Anies Baswedan.
Sumber :
  • Antara

Pandai Berkata-kata, Anies Sebut Lampung Tak Punya Alat Ukur Polusi Udara, Ternyata Lampung Punya Alat Ukur Polusi Udara

Jumat, 15 Desember 2023 - 06:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan, dalam debat perdana Pilpres 2024, menyebutkan Provinsi Lampung tidak bisa mendeteksi polusi udara lantaran tidak memiliki alat pemantau udara. 

Klaim tersebut dikeluarkan Anies, saat menjawab pertanyaan calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto soal polusi udara di DKI Jakarta, ketika sesi debat di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Ketika anginnya bergerak ke arah Lampung, ke arah Sumatera, ke arah Laut Jawa, di sana tidak ada monitor, maka tidak muncul [polusi]," katanya.

Lantas, benarkah Lampung tidak miliki pemantau polusi udara sebagaimana dinyatakan Anies Baswedan? Faktanya, pernyataan Anies itu keliru. 

Lampung sudah mempunyai stasiun pemantau kualitas udara ambien (SPKUA) di Bandar Lampung, termasuk di 37 lokasi kabupaten kota lainnya.

Data tersebut dapat dicek dalam laporan Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara KLHK Kinerja Tahun 2022, yang disematkan di sini. 

Melansir situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), SPKUA merupakan alat untuk melakukan monitoring terhadap kualitas udara secara daring, realtime (terus-menerus), dan akurat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
01:36
04:20
04:02
05:04
Viral