Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat, Jumat (22/12/2023).
Sumber :
  • Julio Trisaputra-tvOne

Pakar Mikro Ekspresi Sebut Mahfud Pandai Kendalikan Emosi saat Debat Cawapres

Sabtu, 23 Desember 2023 - 17:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pakar Mikro Ekspersi Kirdi Putra menyebut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD pandai dalam mengendalikan ekspresi emosi saat debat cawapres di JCC pada Jumat (22/12/2023). 

“Menurut saya Pak Mahfud ini penguasaan ekspresi emosinya bagus. Ini perlu pujian. Saat debat capres sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa yang paling bisa mengendalikan ekspresi emosi, bukan mengendalikan emosi ya, itu adalah Pak Anies. Tapi yang kedua yang paling bagus itu Pak Mahfud,” ujar Kirdi dilansir Antara, Jumat (22/12/2023) malam.

Kirdi menilai secara keseluruhan Mahfud juga mampu mengelola emosi dengan baik meskipun beberapa kali sempat terlihat adanya kebocoran emosi yang ditampakkan.

Kondisi gugup pada menit-menit awal debat, kata dia, menyebabkan Mahfud beberapa kali tidak berdiri tegap dan menggoyang-goyangkan tubuhnya.

“Pengelolaan emosi menurut saya Pak Mahfud bagus walaupun kalau kita perhatikan di segmen pertama ia banyak menggoyangkan tubuh ke kanan dan ke kiri saat berbicara. Itu grogi. Selebihnya ia hanya sempat merasa tidak nyaman ketika berhadapan dengan Cak Imin. Terlihat saat ia garuk hidung sedikit,” ungkapnya. 

Lalu, Kirdi juga menilai Mahfud pandai dalam mengatur strategi pembicaraan dengan menarik topik pembicaraan yang benar-benar ia kuasai. Salah satu topiknya, yakni hukum dan tata negara. (ant/nsi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral