Pidato Calon Presiden RI 2024, Ganjar Pranowo, dalam acara HUT ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang bertema "Kebenaran Pasti Menang", di Sekolah PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2023)..
Sumber :
  • Julio Trisaputra/tvOnenews.com

Kinerja Kementerian Pertahanan di Bawah Pimpinan Prabowo Subianto Diklaim Menurun, Ganjar Pranowo Bongkar Alasannya

Rabu, 10 Januari 2024 - 17:15 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai 5 untuk kinerja Kementerian Pertahanan di bawah pimpinan Prabowo Subianto karena tidak sesuai target tercapai.

Terlebih Prabowo saat ini belum memiliki buku putih pertahanan. Buku Putih Pertahanan Indonesia merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Pasal 16 ayat 4 menjelaskan "buku putih pertahanan" adalah pernyataan kebijakan pertahanan secara menyeluruh yang diterbitkan oleh menteri dan disebarluaskan ke masyarakat umum, baik domestik maupun internasional, untuk menciptakan saling percaya dan meniadakan potensi konflik.

"Kemudian skor-skor dari data dunia yang kemarin saya tampilkan itu menunjukkan kondisi yang menurun," tegas Ganjar di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).



Sebelumnya, pada debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam, Ganjar Pranowo memberikan nilai 5 untuk kinerja Kementerian Pertahanan di bawah pimpinan Prabowo Subianto.

"Lima juga," kata Ganjar.

Ganjar menyampaikan hal itu ketika menjawab pertanyaan dari calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai penilaian Ganjar terhadap kinerja Kementerian Pertahanan setelah pernah memberikan nilai 5 soal penegakan hukum di Indonesia.

Ganjar mengklaim memiliki data terkait dengan kinerja Kementerian Pertahanan itu sehingga bisa memberikan nilai 5.

Namun, Ganjar tidak menyampaikan secara lebih lanjut data tersebut dalam debat itu.

Mendengar penilaian tersebut, Anies menyebut Ganjar memberikan nilai yang terlalu tinggi. Seharusnya, skor kinerja Kementerian Pertahanan adalah di bawah 5 karena kesejahteraan anggota TNI dan polisi masih tidak dipikirkan dengan serius oleh Kementerian Pertahanan.

"Menurut saya, skornya di bawah lima, Mas Ganjar. Lima itu ketinggian," ungkap Anies.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral