Gibran Rakabuming.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Muhammad Bagas

Apa Itu Green Jobs, Kata yang Diucapkan Gibran di Debat Cawapres

Senin, 22 Januari 2024 - 13:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gibran Rakabuming Raka, cawapres nomor urut 2 menyebutkan istilah green jobs pada sesi pemaparan visi, misi dan program kerja di debat keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU pada Minggu (21/1/2024).

Gibran berpendapat bahwa dengan mengawal agenda hilirisasi, meratakan pembangunan, dan beralih ke energi hijau dapat menciptakan 5 juta green jobs untuk generasi muda dan perempuan.

“Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM, bisa dikawal. Insyaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan, lima juta diantaranya adalah green jobs,” ujar Gibran saat debat cawapres kedua, Minggu (21/1/2024).

Lalu apa itu green job?

Green jobs merupakan jenis pekerjaan yang ramah lingkungan. Green jobs dimaksudkan untuk mengurangi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh perusahaan dan sektor ekonomi, hingga ke tingkat yang mampu melestarikan lingkungan hidup, dilansir dari laman International Labour Organization (ILO).

"Green jobs adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green jobs adalah tren, peluang kerja masa kini dan masa depan," jelas Gibran dalam debat.

Secara khusus hal ini mencakup pekerjaan yang dapat membantu melindungi ekosistem dan biodiversitas yaitu mengurangi energi materi dan konsumsi air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral