Harimau Masuk Desa.
Sumber :
  • Arifin

Seram! Harimau Buas Masuk Desa Terkam Ternak Warga

Rabu, 30 Juni 2021 - 11:49 WIB

Siak, Riau  - Kemunculan seekor harimau dewasa di permukiman, membuat warga Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit , Siak, Riau, diselimuti rasa was-was. Penampakan harimau Sumatera tersebut seolah membenarkan firasat mereka terkait hilangnya hewan ternak dalam beberapa pekan terakhir.

Warga mengaku kehilangan ayam, kambing, hingga anjing peliharaan salah satu penduduk.

Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang menerima laporan warga ini pun bergerak cepat dengan menempatkan lima kamera jebakan untuk memantau pergerakan harimau yang diyakini merupakan harimau Sumatera tersebut.

"BBKSDA Riau menerima laporan dari masyarakat, kepala desanya menghubungi kita dan memang menemukan ada ternak yang dimangsa oleh binatang buas. Ada dua ekor kambing dan satu ekor anjing yang sudah dimangsa, walaupun masih ada sisa (bangkai)nya," ucap Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA, Heru Sukmantoro pada tim kontributor tvOne di Riau (30/6).

"Kemudian dari analisis kita, dari foto yang mereka kirim, kita memastikan bahwa itu harimau Sumatera", ungkap Heru.

Pihak BBKSDA meminta warga untuk tidak berusaha menangkap sendiri harimau tersebut karena dinilai berbahaya, termasuk memasang jerat harimau, karena akan berpotensi melukai satwa yang dilindungi itu.

BBKSDA Riau sudah menurunkan tim respon untuk melokalisasi keberadaan harimau tersebut. Nantinya tim BBKSDA berencana untuk merelokasi harimau ke tempat yang jauh dari permukiman warga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral