Ulama Aceh Keluarkan Fatwa: Bully, Tawuran, dan Begal Hukumnya Haram!.
Sumber :
  • istimewa - Dok MPU Aceh

Ulama Aceh Keluarkan Fatwa: Bully, Tawuran, dan Begal Hukumnya Haram!

Kamis, 29 Februari 2024 - 05:29 WIB

Aceh, tvOnenews.com - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa, bahwa perbuatan perundungan (bully), begal hingga tawuran, hukumnya adalah haram. 

Tak hanya itu saja, Ulama juga mewajibkan pemerintah daerah menyiapkan tempat membina anak-anak yang menjadi pelaku begal, bully, dan tawuran.

"Pembegalan hukumnya haram dan termasuk dosa besar bagi para mukallaf (orang dewasa). Perundungan dan tawuran hukumnya juga haram," pungkas Kabag Umum Sekretariat MPU Aceh, Rizal Fahlefi di Draf Fatwa MPU Aceh Nomor 1 tahun 2024 pada penutupan Sidang Paripurna-I di Gedung Tgk H Abdullah Ujong Rimba di Kantor MPU Aceh yang dilansir tvonenews.com, Kamis (29/2/2024).

Kemudian, dari pantauan tvOnenews.com, draf tersebut tinggal menunggu tandatangan ketua dan anggota MPU untuk sah menjadi fatwa.

Bahkan, dalam draf itu, disebutkan begal yang dilakukan orang dewasa disanksi dengan hukuman had dan ta'zir bila pembegalan tanpa membunuh dan mengambil harta.

Sementara, untuk pembegalan yang dilakukan anak di bawah umur dihukum dengan hukuman ta'zir. 

Lalu, di dalam draft itu juga, disebutkan segala bentuk kerugian yang ditimbulkan akibat pembegalan, perundungan dan tawuran wajib ditanggung pelaku atau walinya bila pelaku belum baligh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
Viral