Visual erupsi Gunung Ile Lewotolok, di Lembata, NTT..
Sumber :
  • ANTARA/HO-PVMBG

BPGMBGT Sebut Ada Ancaman Bahaya pada Dua Gunung Api di NTT, Semua Warga Harus Waspada

Kamis, 29 Februari 2024 - 22:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah (BPGMBGT) Wilayah Nusa Tenggara mengingatkan semua warga waspada dengan ancaman bahaya aliran lava pada dua gunung api di NTT yang kini berada di Level III atau Siaga.

Diketahui, dua gunung api yang berstatus Siaga itu yakni Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Flores Timur dan Ile Lewotolok di Lembata.

Kepala BPGMBGT Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Ghele Raja mengimbaua semua warga untuk selalu memantau kondisi dua gunung api di NTT yang kini berada di Level III atau Siaga tersebut.

"Karena berada pada level III atau Siaga maka masyarakat harus tetap waspada dan terus memantau informasi resmi dari pos pengamatan," kata Zakarias ketika dihubungi dari Kupang, Kamis (29/2/2024).

Menurutnya, dua gunung ini masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang terekam dari pemantauan setiap enam jam, termasuk adanya aktivitas aliran lava yang mengalir.

Pada Gunung Lewotobi Laki-laki tercatat jarak aliran lava terpantau ke arah timur laut sejauh kurang lebih 4,2 kilometer dari pusat erupsi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral