Komisioner KPU Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Abdul Latif..
Sumber :
  • ANTARA/Ahmad Fikri

Dahsyat, Suara Prabowo-Gibran Kuasai Hampir Seluruh Wilayah Cianjur

Senin, 11 Maret 2024 - 17:52 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melaporkan pasangan nomor urut  2 Prabowo-Gibran unggul hampir diseluruh wilayah di daerah tersebut.

Prabowo-Gibran tertinggi dengan raihan suara 804.432 suara berdasarkan hasil rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten untuk calon presiden dan wakil presiden.

Komisioner KPU Cianjur, Abdul Latif mengatakan untuk rekapitulasi kabupaten pihaknya baru membacakan raihan suara capres dan cawapres di KPU Propinsi Jabar, yang dimenangkan Prabowo-Gibran hampir diseluruh wilayah di Cianjur.

"Diikuti pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin dengan raihan suara 432.150 suara dan urutan ketiga pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dengan raihan suara 102.940 suara. Suara pasangan nomor urut 2 mendominasi di semua tps yang ada di Cianjur," katanya, saat dihubungi Senin (11/3/2024).



Dia menjelaskan, untuk raihan suara partai politik peserta Pemilu 2024 termasuk raihan kursi masih menunggu jadwal untuk diumumkan secara resmi karena masih menunggu tuntasnya rapat pleno terbuka penghitungan suara tingkat propinsi di Bandung.

KPU Cianjur juga meminta warga dan peserta Pemilu 2024, untuk bersabar menunggu pengumuman resmi hasil Pemilu 2024 di Cianjur, meski sudah beredar hasil perolehan suara di berbagai media termasuk raihan kursi partai politik namun belum resmi.

"Kami tidak bisa membenarkan data yang sudah beredar di berbagai media terkait hasil Pemilu 2024 di Cianjur, kecuali hasil capres dan cawapres yang sudah diumumkan secara resmi di rapat pleno rekapitulasi tingkat propinsi," katanya.

Namun dia membenarkan terkait hasil perolehan suara partai politik peserta Pemilu 2024 yang sudah tayang di situs resmi milik KPU Kabupaten Cianjur.

Sedangkan untuk nama calon anggota legislatif yang lolos dan raihan kursi masih menunggu pengumuman resmi.

Dia menambahkan, setelah tuntas rapat pleno terbuka rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat provinsi, pihaknya akan segera mengumumkan secara resmi di media cetak, media elektronik dan media sosial KPU Cianjur.

Adapun, Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.(ant/lkf)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral