Wakil Ketua Komisi VI DPR Mohamad Hekal.
Sumber :
  • Istimewa

Soal Polemik TikTok Shop Digenjot Pemerintah, DPR: Kalau Enggak Dirangkul, Kita Semakin Tertinggal

Rabu, 20 Maret 2024 - 23:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menanggapi proses integrasi platform TikTok Shop dan Tokopedia yang terus dibahas pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dia mengaku mendukung agenda pemerintah dalam mendigitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. 

Sebab, ekonomi digital bahkan disebut sebagai keniscayaan yang tak terbendung. Informasi terakhir menyebutkan progres integrasi sudah lebih dari 87 persen alias sesuai tenggat.

"Ekonomi digital sudah menjadi keniscayaan. Kalau kita enggak rangkul, ya, kita semakin tertinggal," kata Hekal di Jakarta, Rabu (20/3/2024)

Menurutnya, sebaiknya semua pihak fokus membantu UMKM beradaptasi dengan teknologi agar dapat berperan lebih besar dalam ekonomi digital

Hekal menyebut integrasi atau migrasi ini sebagai respons atas penutupan kegiatan jualan Tiktok via media sosial, setelah lahirnya Permendag nomor 30. 

TikTok sebelumnya hanya memiliki izin sebagai platform sosial media lalu mengakuisisi Tokopedia yang sudah memiliki lisensi sebagai pelaksana e-commerce.  

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:46
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
Viral