Ridwan Kamil.
Sumber :
  • tvonenews

Anggaran PPKM Darurat Jawa Barat Mencapai Rp2,8 Miliar Per Hari

Kamis, 1 Juli 2021 - 17:02 WIB

Bandung, Jawa Barat – Pemerintah Jawa Barat mempersiapkan prosedur dan anggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebutkan anggaran PPKM Darurat Jawa Barat Mencapai Rp2,8 miliar per hari.

Setidaknya ada 11 daerah di Jawa Barat yang masuk dalam zona merah. Kesebelas daerah itu meliputi Kabupaten Bandung, Garut, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Karawang, Bandung Barat, Kota Bandung, Depok, dan Cimahi. Tercatat dari 11 daerah tersebut ada sekitar 730 Rukun Tetangga (RT) yang masuk dalam zona merah.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ridwan Kamil, biaya Rp2,8 miliar per hari adalah untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga, relawan, serta APD di zona merah tersebut.

"Untuk satu RT itu kurang lebih itu sekitar Rp3 jutaan, jadi kalau ada 700-an RT di Jawa Barat, ya 730-an, kurang lebih Rp2,8 miliar per hari lah yang harus kita hitung," Ridwan memaparkan hitung-hitungan yang kini tengah dirumuskan oleh pihaknya.

Pemerintah provinsi Jawa Barat saat ini sedang menyusun formulasi berapa persen anggaran yang dikeluargkan oleh kas kelurahan, kabupaten/kota,ataupun provinsi dan pusat. Nantinya, pembiayaan selama PPKM Darurat akan dilakukan dengan mekanisme atau sistem biaya berjenjang.(asp/glo/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral