Rapat Kerja Komisi II DPR dengan Ketua KPU RI dan Mendagri di Gedung DPR RI.
Sumber :
  • Tim tvOne/Syifa Aulia

Blak-blakan Mendagri Tito Karnavian Ungkap 5 Pejabat negara Tidak Netral dalam Pemilu: Langsung Kita Ganti

Senin, 25 Maret 2024 - 15:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan ada 5 (lima) orang pejabat pemerintah yang terbukti tidak netral selama Pemilu 2024.

Dia menyebut kelima pejabat tersebut sudah dilaporkan ke Bawaslu RI berdasarkan sejumlah bukti. Selain itu, pemerintah melalui Inspektorat juga melakukan pendalaman kasus.

Namun, Tito mengatakan lima pejabat itu sudah diberikan sanksi.

“Ada 5 yang kita lakukan penggantian dikarenakan ada inisiatifnya sendiri untuk ke arah pasangan tertentu,” ucap Tito saat rapat di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

“Tidak spesifik satu pasangan, tetapi ada pasangan ini, pasangan ke sana, ada pasangan ke sini. Kita berikan sanksi juga dengan penggantian,” tambahnya.

Sementara itu, total aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti tidak netral adalah sebanyak 240 orang. Dia mengatakan pihaknya juga sudah menjatuhi sanksi kepada para ASN tersebut.

“Dari sejumlah itu ada 240 ASN terbukti melanggar dan dijatuhi sanksi. Kemudian 180 ASN telah ditindaklanjuti oleh PPK dengan penjatuhan sanksi,” ucap Tito. (saa/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:50
00:57
01:26
01:54
01:18
02:35
Viral