ILUSTRASI - DBD.
Sumber :
  • Istimewa

Waspada! Gejala DBD Sekarang Menyerupai Flu Biasa, Kadinkes Kota Bandung Beberkan Perbedaan Gejala DBD Sekarang dan Flu Biasa

Kamis, 28 Maret 2024 - 15:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Perlu diwaspadai, gejala demam berdarah (DBD) sekarang menyerupai flu biasa. 

Melansir jabarprov.go.id, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan mayoritas kasus DBD yang belakangan terjadi di Kota Bandung muncul dengan gejala yang berbeda dengan DBD pada umumnya.

Seperti diketahui, gejala-gejala demam berdarah pada umumnya antara lain demam mendadak, sakit kepala, nyeri belakang bola mata, mual, muntah, manifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarah, kulit ruam kemerahan, nyeri otot, tulang sendi serta munculnya bintik kemerahan di kulit penderitanya.

Namun, Anhar menyebut mayoritas kasus DBD di Kota Bandung belakangan ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang biasa dikenali. 

"Gejalanya itu demam tidak kunjung sembuh. Dan tidak ada gejala bintik merah. Ini yang perlu diwaspadai," kata Anhar di Balai Kota, Selasa (26/3/2024).

Anhar khawatir gejala DBD baru ini menyerupai gejala flu biasa. Sehingga, masyarakat akan menganggap gejala yang dialami tersebut merupakan penyakit flu biasa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral