Youthlab saat podcast ramadhan.
Sumber :
  • tim tvOne/Rika Pangesti

YouthLab Indonesia Gelar Podcast Anak Muda Bahas soal Artificial Intelligence: Memanjakan atau Memudahkan?

Jumat, 29 Maret 2024 - 02:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - YouthLab Indonesia menggelar live podcast Ramadhan bertajuk “Youth Dystopia: Future with or without A.I” di Black Pond Tavern Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2024).

Executive Director YouthLab Indonesia, Axel Hadiningrat mengatakan tema yang diangkat kali ini akan menjawab berbagai pertanyaan, kecemasan, serta dimensi dari hidup bersama kecerdasan buatan atau dikenal sebagai Artificial Intelligence (AI).

“Saat ini kita tinggal dalam era fast-track yang semakin terhubung dan dikuasai oleh kecerdasan buatan, anak muda Indonesia kini dihadapkan pada tantangan yang kompleks dan seringkali berlawanan antara memanfaatkan kemajuan teknologi atau memelihara keseimbangan mental dan mindfulness, apakah akan menjadi sebuah kehidupan distopia bagi mereka?” kata Axel dalam podcast YouthLab.

"Dengan kita membangun diskursus ini, kita ingin mencoba menjadi sedikit lebih kritikal tentang bagaimana anak muda menilai mesin atau AI ini menjadi sebuah kebermanfaatan bagi mereka atau menjadi sesuatu yang membuat mereka jadi termanjakan gitu," tambahnya.

Namun, Axel menegaskan kecerdasan buatan (AI) lahir bukan untuk mematikan kreativitas dan pemikiran generasi muda.

Menurut dia, AI lahir justru untuk membantu generasi muda lebih berpikir kreatif dan inovatif.  

"AI ini bukan menjadi suatu pengganti anak-anak muda untuk mereka berpikir, tetapi AI ini hadir untuk menjadi suatu alat bagi mereka supaya mereka ini bisa mencari referensi yang lebih luas dan mencari knowledge yang lebih luas," tutur Axel saat ditemui usai podcast.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral