Material bangunan rumah yang ambruk setelah diterpa bencana tanah longsor di Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat..
Sumber :
  • ANTARA/HO-BNPB

Ada Ancaman Nyata di Indonesia, BNPB Langsung Keluarkan Gebrakan Terbaru

Senin, 1 April 2024 - 10:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama sejumlah perguruan tinggi melakukan gebrakan terbaru perihal antisipasi bencana longsor.

Mereka kali ini mengembangkan kembali sistem informasi peringatan dini bencana tanah longsor skala besar yang mencakup seluruh wilayah rawan nasional.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan dalam prosesnya instansinya sedang melakukan studi berbasis ilmiah bersama para ahli teknologi inovasi, iklim, dan geologi dalam negeri.

Studi tersebut dilakukan BNPB untuk menentukan seperti apa mekanisme peringatan dini tanah longsor yang memenuhi standar keakuratan tinggi, cepat, terintegrasi, dan mudah diakses oleh publik.

Tercatat ada tiga mekanisme yang umum diadopsi dalam pembuatan sistem peringatan dini tersebut.

Dia mencontohkan, sistem peringatan dini berbasis citra satelit time-series untuk memantau perubahan tata lahan dan pergerakan mahkota longsor untuk menghasilkan peringatan dini bagi masyarakat yang berisiko tinggi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral