Survei MIPOS soal Pilgub Jateng: Elektabilitas Sudaryono Meroket Geser Tokoh Beken di Bursa Cagub 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Survei MIPOS soal Pilgub Jateng: Elektabilitas Sudaryono Meroket Geser Tokoh Beken di Bursa Cagub 2024

Kamis, 4 April 2024 - 23:52 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Lembaga survei Merdeka Institute atau Merdeka Institut for Public Opinion Survey (MIPOS) merilis hasil survei terbaru terkait preferensi warga Jawa Tengah tentang pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng pada November 2024.

Peneliti Senior Merdeka Institut, Rendy Kurnia memaparkan berdasarkan hasil survei, menunjukkan sebagian besar masyarakat Jawa Tengah berharap calon gubernur yang terpilih nanti adalah sosok yang bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat. 

"Hasilnya untuk Pilgub Jateng, sebagian besar masyarakat Jateng berharap calon yang terpilih adalah sosok yang bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat," Kata Rendy secara daring, Kamis (4/4/2024). 

Dia menjelaskan mengenai kontestasi Pilgub Jateng 2024 ada temuan menarik dari survei Merdeka Institute kali ini.

Dalam survei-survei selama ini, nama-nama yang menghiasi bursa calon gubernur Jateng selalu berkisar pada Hendrar Prihadi atau Hendi (mantan Walikota Semarang), Taj Yasin Maimoen (mantan Wagub Jateng), Sudirman Said (mantan Cagub Jateng 2018), Bambang Pacul (Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng), Dico Ganinduto (Bupati Kendal 2019-2024) dan KH Yusuf Chudlori (Ketua DPW PKB Jateng). 

"Dalam survei Merdeka Institute kali ini mulai menggeliat nama Sudaryono (Ketua DPD Partai Gerindra Jateng). Bahkan dari variabel akseptabilitas dan elektabilitas nama Sudaryono mulai menggeser tokoh-tokoh lama serta bersaing ketat melawan tokoh-tokoh populer seperti Hendrar Prihadi," jelasnya.

Dari variabel popularitas, lanjut Rendy, Sudaryono memang masih tertinggal dari nama-nama beken seperti Hendrar Priadi, Taj Yasin Maimoen, Sudirman Said, Dico Ganinduto hingga KH Yusuf Chudlori. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral