Pelaksana Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menunjuk salah satu pintu penguras bendung yang jebol..
Sumber :
  • Antara

Duh, Aliran Air ke Irigasi Hingga Istana Bogor Terganggu Gegara Pintu Penguras Bendung Katulampa Jebol

Sabtu, 6 April 2024 - 19:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Aliran air ke Istana Bogor terancam terganggu akibat ada salah satu pintu penguras Bendung Katulampa yang jebol.

Pelaksana Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, pintu penguras itu jebol pada Jumat (5/4) sore. Pintu penguras itu jebol diduga, karena terhantam pohon hanyut.

"Kemarin sore Tinggi Muka Air (TMA) sampai 150 sentimeter, bareng dengan pohon hanyut terbawa arus. Menghantam ke arah pintu penguras jadi jebol, dan mengakibatkan debit yang ke saluran irigasi berkurang," kata Andi kepada wartawan, Sabtu (6/4).

Andi menjelaskan, peristiwa itu berdampak kepada debit air yang teralirkan ke Saluran Irigasi. Normalnya, debit air yang tersalurkan ke Saluran Irigasi mencapai 4.000 liter per detik. 

Namun, setelah peristiwa tersebut, kini debit air Saluran Irigasi hanya 1.000 liter per detik. Hal itu, karena sebagian besar air mengalir ke Sungai Ciliwung.

Turut diketahui, Saluran Irigasi itu dimanfaatkan sebagai air baku Perumda Tirta Pakuan di Kota Bogor, sawah, dan irigasi industri. Juga ke sebagian wilayah DKI Jakarta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral