Ilustrasi Gerhana Matahari Total 8 April 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Ada Gerhana Matahari Total 8 April 2024 saat Arus Mudik Lebaran, Cek Link Live Streaming, Jadwal hingga Lokasi

Senin, 8 April 2024 - 03:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Di tengah menikmati momen puncak arus mudik menjelang Lebaran, beredar kabar bahwa ada fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi pada Senin, 8 April 2024. Membuat kita dibuat penasaran terhadap link live streaming, jadwal hingga lokasi fenomena alam tersebut.

Menjadi fenomena yang tidak bisa ditinggalkan ketika di fase puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024, terkait adanya Gerhana Matahari Total yang terjadi pada hari ini, Senin, 8 April 2024.

Dikutip dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyaksikan Gerhana Matahari Total terhadap daerah yang terdampak akan melihatkan fenomena ledakan yang terjadi di Matahari.

Membuat cahaya Matahari terhalang karena keberadaan Bulan yang menutupi piringan Matahari secara total yang di mana selalu terjadi pada fase bulan baru yang selalu disebut dengan Gerhana Matahari Total (GMT).

"Saat menyaksikan GMT 8 April 2024, menurut National Center for Atmospheric Research (NCAR), di daerah yang terdampak GMT akan terlihat ledakan-ledakan di Matahari," tulis BMKG sesuai pernyataan resminya yang dikutip, Sabtu (6/4/2024).

"Di mana saat totalitas Gerhana Matahari, pandangan Matahari dari Bumi terhalang oleh Bulan dan menyisakan sisi tepi. Pada sisi tepi inilah di Bumi dapat menyaksikan tepian plasma Matahari tampak meledak-ledak," lanjut keterangan BMKG.

"Karena fenomena alam ledakan di Matahari (solar flare) selalu berpengaruh kepada magnetosfer Bumi, maka BMKG juga melakukan pengamatan secara kontinu terhadap pengaruh dari fenomena alam tersebut," tambah BMKG sesuai keterangannya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
Viral