Satgas Bencana BUMN Lakukan Pemulihan 2.126 Warga Terdampak Gempa Bawean.
Sumber :
  • Antara

Satgas Bencana BUMN Lakukan Pemulihan 2.126 Warga Terdampak Gempa Bawean

Selasa, 9 April 2024 - 11:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tim medis dan relawan yang diberangkatkan Petrokimia Gresik bersama Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur dan Anggota Satgas lainnya telah membantu pemulihan sebanyak 2.126 warga terdampak gempa bumi di Bawean selama 15 hari mengabdi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur mengatakan, dari laporan tim medis yang bertugas di Bawean, pasien tersebut berasal dari berbagai usia, mulai dari balita hingga lansia.

Rata-rata masyarakat Bawean pascabencana mengalami myalgia atau nyeri-nyeri pada otot tubuh, hipertensi, vertigo, Iritasi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sakit kepala biasa, dan penyakit lainnya.

"Masa pemulihan juga menjadi masa berat yang harus dilalui bagi masyarakat Bawean pascabencana gempa bumi. Apalagi bagi mereka yang berada di pengungsian, tentu membutuhkan pengawasan atau perhatian ekstra secara medis dan psikologis," ujarnya mengutip Antara pada Selasa (9/4/2024).

Selain memberikan pengobatan gratis, lanjutnya, tim relawan juga menggelar program trauma healing bagi masyarakat Bawean, khususnya untuk usia balita dan anak-anak.

Hal itu dapat membuat mereka bisa tetap gembira meski saat ini berada di tengah keterbatasan pascabencana.

Sementara itu, tim relawan Petrokimia Gresik bersama Anggota Satgas lainnya langsung berangkat sehari pascagempa bumi terjadi di Bawean. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
Viral