Petugas menyiram air petasan yang ditemukan di sebuah pikap seusai Salat Idulfitri di Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (10/4/2024)..
Sumber :
  • Antara

Polisi Gagalkan Peredaran 8 Dus Petasan yang Hendak Diledakan Usai Salat Idulfitri di Bangkalan Jawa Timur

Rabu, 10 April 2024 - 20:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jajaran Polres Bangkalan, Jawa Timur menggagalkan peredaran delapan dua petasan yang hendak diledakkan di wilayah tersebut seusai salat Idulfitri atau Rabu (10/4). 

Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya mengatakan, pihaknya menyita mobil pikap pengangkut petasan. Menurutnya, petasan itu rencananya bakal diledakkan di sejumlah titik jalan protokol Kota Bangkalan.

"Aksi mereka terendus personel Polres Bangkalan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh masyarakat bahwa akan ada pesta petasan," kata Febri, Rabu.

Febri menjelaskan, kasus itu terungkap berawal dari informasi masyarakat bahwa ada peredaran petasan seusai salat Idulfitri.

Petugas selanjutnya mendalami informasi tersebut, kemudian menerjunkan tim gabungan yang terdiri atas Satuan Intel, Reskrim, dan Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan.



Ketika melihat hal yang mencurigakan, petugas langsung melakukan penggeladahan, kemudian menemukan banyak petasan di mobil tersebut.

"Saat personel berada di lokasi, pemiliknya kabur. Hingga sekarang masih dalam pengejaran petugas," ujar Febri.

Febri menyebutkan total petasan sebanyak delapan kardus dengan berbagai jenis ukuran, yakni mulai ukuran 20 sentimeter hingga ada yang mencapai satu meter.

Untuk mengantisipasi terjadi ledakan, anggota kepolisian langsung mengguyur bahan peledak tersebut dengan air. Setelah itu, barang bukti itu dibawa ke Mapolres Bangkalan.

Kapolres mengimbau masyarakat untuk menghindari bermain-main dengan bahan peledak. Jika tertangkap basah, ada sanksi pidana yang bisa menjerat.

Temuan adanya mainan petasan oleh masyarakat di kabupaten paling barat di Pulau Madura itu merupakan kali kedua selama bulan puasa hingga Lebaran 2024.

Sebelumnya, petugas juga menyita puluhan petasan yang disimpan di salah satu musala di wilayah itu. (ant/dpi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
Viral