Kendaraan tertahan di pintu keluar Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi akibat aksi unjuk rasa para sopir.
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Aksi Unjuk Rasa Supir Truk, Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Ketapang Lumpuh

Senin, 3 Januari 2022 - 14:18 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Aksi demo para sopir truk memprotes larangan armada  over dimensi dan over load (ODOL) di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, melumpuhkan aktivitas pelabuhan.

Para sopir memblokir total pintu masuk dan keluar pelabuhan. Akibatnya, proses bongkar kendaraan yang turun dari kapal lumpuh total. Hanya kendaraan motor dan mobil kecil yang bisa keluar. Sedangkan, truk dan bus harus tertahan di pelabuhan. 

"Pintu keluar ditutup, kendaraan yang baru bongkar dari kapal tidak bisa keluar, hanya motor dan mobil kecil," kata salah satu petugas pelabuhan di lokasi. 

Aksi yang digelar para supir kendaraan over dimensi ini dipicu oleh peraturan Kemenhub yang melarang kendaraan over dimensi menyebrang melalui pelabuhan.

Atas kebijakan tersebut, para supir pun menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu masuk dan pintu keluar pelabuhan. Mereka mendesak bertemu pejabat Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Perhubungan hingga Bupati Banyuwangi, untuk meminta agar kebijakan ini bisa dicari solusinya, sehingga mobil truk mereka yang berbadan panjangtetap bisa beroperasi. 

"Aspirasi kami, jika memang RUU ODOL tetap melarang overload, setidaknya overdimensi tetap bisa diberlakukan. Truk kami yang terlanjur panjang bisa kembali uji kir," kata Farid Hidayat, salah satu koordinator sopir. 

Menurutnya, para sopir menggelar aksi di Pelabuhan Ketapang karena selama ini aspirasnya menemui jalan buntu. Aksi blokir di pelabuhan akan berlanjut sampai ada kepastian dari pejabat terkait ODOL.

Sebelumnya, kebijakan ini dikeluarkan, lantaran truk ODOL akan memberikan dampak negatif bagi lalu lintas, mulai dari membahayakan muatan kapal saat penyebrangan, membahayakan pengemudi, bahkan menjadi penyebab kecelakaan yang memakan korban jiwa, hingga menjadi biang kerusakan jalan. (Happy Oktavia/mii))

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral