Dokumentasi.
Sumber :
  • Antara

Jika Corona Tembus 40 Ribu Kasus Per Hari, Ini Skenario Pemerintah

Selasa, 6 Juli 2021 - 20:09 WIB

Jakarta – Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah telah menyiapkan skenario terburuk menyusul kasus Covid-19 yang terus mengalami lonjakan di Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, pada Selasa (6/7).

Skenario disiapkan untuk mengantisipasi  kemungkinan terburuk, jika kasus Covid-19 menyentuh angka empat puluh ribu kasus perhari.

"Sudah dijelaskan bahwa kita akan terjadi peningkatan kasus ini. Saya katakan juga 3 - 4 hari yang lalu, untuk 10 hari ke depan angka ini bisa akan terus naik. Seperti hari kemarin 29.000 bisa saja mungkin nanti kita sampai ke 40.000 atau lebih.” Jelas Luhut

Sejumlah antisipasi yang dilakukan pemerintah diantaranya, dari menyiapan suplai obat, suplai oksigen dan kapasitas rumah sakit.

Untuk suplai oksigen pemerintah akan meningkatkan mobilisasi dengan mendatangkan oksigen dari Morowali, Cilegon dan Batam. Kemudian dikerahkan untuk membantu rumah sakit untuk menangani pasien rawat insentif. Sementara untuk pasien dengan gejala ringan, Pemerintah telah memesan 10 ribu konsentrator. Sebagian konsentrator diketahui telah tiba di Indonesia, menggunakan pesawat Hercules.

Menteri kesehatan juga telah menyiapkan ICU rumah sakit dan menyulap Asrama Haji Pondok Gede, menjadi Rumah Sakit Covid-19 dengan kapasitas 800 pasien.

Asrama haji akan difungsikan sebagai Rumah Sakit Covid-19 mulai hari kamis mendatang. Selain itu, luhut menegaskan bahwa pemerintah juga telah berkomunikasi dengan Singapura dan Tiongkok untuk meminta bantuan jika kemungkinan terburuk terjadi di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:20
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
Viral