Mabes Polri Tahan Ferdinand Hutahaean Malam Ini.
Sumber :
  • Twitter @FerdinandHaean3

Mabes Polri Tahan Ferdinand Hutahaean Malam Ini, Ini Kronologinya

Senin, 10 Januari 2022 - 23:51 WIB

Jakarta - Kasus yang menjerat Ferdinand Hutahaean ini bermula ketika ia membuat cuitan yang berbau SARA. Pria yang aktif di media sosial itu menuliskan kata-kata yang dianggap menyinggung umat agama lain. Gara-gara cuitan itu, tagar "Tangkap Ferdinand" sempat menjadi trending di Twitter.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, DIA lah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu di bela," tulisnya di akun @FerdinandHaean3.

Sadar cuitannya membuat gempar, Ferdinand mengaku sudah menghapusnya. Namun warganet sudah kadung mengabadikan tulisan Ferdinand itu.

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bergerak cepat dengan menindaklanjuti laporan polisi atas nama terlapor Ferdinand Hutahaean, terkait dengan ujaran kebencian mengandung SARA dan menyebarkan berita bohong. Laporan tersebut tercatat dengan nomor LP /B/007/I/2022/SPKT/Bareskrim Polri dengan terlapor pemilik atau pengguna akun Ferdinand Hutahaean dengan nama pemilik akun @ferdinandHaean3.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menyatakan bahwa setelah laporan diterima, penyidik langsung melakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi, yakni satu saksi pelapor dan dua saksi lainnya. "Malam ini dilakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi, yaitu satu saksi pelapor dan dua saksi lainnya," kata Ramadhan.

Mantan politikus Partai Demokrat yang juga pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean akhirnya mengunggah video klarifikasi tentang cuitannya. "Cuitan saya yg kemudian viral, semoga semua bisa paham. Bahwa sesungguhnya itu dialog antara pikiran dan hati saya yg sedang down. Bukan untuk menyasar kelompok tertentu, orang tertentu dan agama tertentu. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terimakasih," kata Ferdinand sebagai pembuka untuk videonya.

Video permintaan maaf Ferdinand dibuat di sebuah ruangan, dengan latar belakang hiasan dinding merah, Pancasila yang diapit foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. "Sahabat, selamat pagi saya ingin mengklarifikasi tentang riuhnya dan ramainya cuitan saya kemarin," ujar Ferdinand. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:15
01:24
01:49
01:41
01:47
Viral