Ganjar mengomentari ramainya pernyataan tokoh politik yang menyinggung masyarakat..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Sentil Arteria Dahlan, Ganjar Pranowo Minta Elit Politik Jangan Menyakiti Masyarakat

Senin, 24 Januari 2022 - 09:59 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merespon ramainya pernyataan tokoh politik yang menyinggung soal suku, agama, ras dan bahasa. Antara lain yang dilontarkan anggota DPR RI dari PDIP Arteria Dahlan dan  mantan kader PKS, Edy Mulyadi. Arteria dinilai menyakiti hati masyarakat Sunda. Sedangkan Edy membuat pernyataan terkait ibu kota negara baru yang menyinggung dan menyakiti masyarakat Kalimantan.

"Saya kira saatnya kita menahan diri dan memilih diksi yang tepat. Jika statemen kita berpotensi bisa menyakiti hati masyarakat, mbok ya tidak dikeluarkan," kata Ganjar Pranowo, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, kritik itu menyehatkan, tapi jika pilihan diksi dan intonasi yang tidak tepat atau terlalu nyinyir, itu membuat penerimaan di masyarakat jadi berbeda.

"Reaksi di Jabar muncul, di Kalimantan muncul. Kita yang dipercaya masyarakat, yang mengerti persoalan dan perasaan masyarakat, ayo bicara yang baik. Kritik boleh, tapi kalau berpotensi menyakiti hati, lebih baik jangan dikeluarkan. Pilih kata-kata dan cara menyalurkan yang baik, ruang diskusi sangat terbuka. Itulah demokrasi, maka kita tahan dirilah," imbaunya.

Masyarakat, lanjutnya, tidak perlu terprovokasi, menyelesaikan persoalan itu dengan meminta klarifikasi secara langsung. Caranya dengan mengundang yang mengeluarkan statemen, diklarifikasi maksudnya apa.

"Sehingga orang yang membuat pernyataan gentle, datang bertemu kelompok masyarakatnya. Dia bisa menjelaskan, kalau salah minta maaf dan selesai klarifikasi. Jadi masyarakat jangan terprovokasi," tegasnya. (Teguh Joko Sutrisno/Buz)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral