Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Kepolisian Malaysia Tan Sri Acryl Sani bin Abdullah Sani.
Sumber :
  • Istimewa

Bertemu Kepala Kepolisian Malaysia, Kapolri Bahas PMI Ilegal Hingga Penanganan Covid-19

Selasa, 25 Januari 2022 - 18:05 WIB

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Kepala Kepolisian Malaysia (Inspector General of Police) Tan Sri Acryl Sani bin Abdullah Sani di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (25/1/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri membahas sejumlah permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia dan Malaysia. Salah satu diantaranya adalah isu ketenagakerjaan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menurut Sigit, terkait permasalahan yang kerap menimpa PMI tersebut, diperlukan adanya sinergitas, komunikasi dan koordinasi antar kedua lembaga negara tersebut. Sehingga, diharapkan ke depannya tidak ada lagi kasus yang muncul terkait dengan kerugian yang dialami oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Malaysia. 

"Terkait dengan isu, khususnya di sini beberapa waktu lalu baru juga menghadapi isu imigran gelap yang masuk ke sana dan menyelundup. Kalau kita lihat dari data hampir setiap hari selalu ada dan ini akan sangat bagus jika melalui jalur legal," kata Sigit dalam pertemuan tersebut. 

Mantan Kapolda Banten ini juga menyebut bahwa, permasalahan munculnya penyelundupan PMI secara ilegal akibat melalui jalur-jalur tikus.

Karena itu, Sigit menekankan, adanya kerjasama antara kedua negara dapat memudahkan proses monitoring dan koordinasi apabila munculnya peristiwa sama di kemudian hari. 

"Kita ingin semua yang bekerja di luar, kita bisa ikuti perkembangannya. Kalau kemudian ada sesuatu lebih mudah untuk berkoordinasi," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral