Dubes Jerman untuk Indonesia saat resmikan Museum Holocaust Pertama di Indonesia.
Sumber :
  • Twitter @GermanAmbJaka

Museum Holocaust Pertama di Indonesia Diresmikan di Minahasa

Rabu, 2 Februari 2022 - 08:33 WIB

Minahasa, Sulawesi Utara - Museum holocaust pertama di Indonesia—juga di Asia Tenggara—diresmikan di Minahasa. Berlokasi di Sinagoge Sha'ar Hashamayim (Gerbang Surga), Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Inal Lepel hadir dalam peresmian Museum Holocaust yang dilaksanakan pada Kamis (27/1/2022) itu.

Lepel mengunggah video peresmiannya melalui akun Twitternya @GermanAmbJaka.

"Sungguh suatu kehormatan berada di Minahasa Indonesia dan berbicara pada pembukaan Museum Holocaust pada #InternationalHolocaustRemembranceDay (27 Jan). Jerman akan selalu mendukung peringatan terhadap "pelajaran universal" ini dan berdiri melawan rasisme, anti-Semitisme, dan segala bentuk intoleransi," tulis Ina Lepel.

Dikutip dari VOA Indonesia, Museum Holocaust Pertama di Indonesia didirikan oleh pengusaha Indonesia berdarah Yahudi, Yaakov Baruch, untuk mengenang keluarga dari neneknya yang menjadi korban Holocaust. Nenek Yakoov adalah perempuan Yahudi Belanda dan menikah dengan lelaki Indonesia.

Keberadaan museum ini menurutnya juga bagian dari upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah kelam dari bangsa Yahudi.

Pembukaan Museum Holocaust dan pameran foto sejarah Holocaust ini lanjutnya bekerja sama dengan Yad Vashem, Museum Holocaust yang berada di Yerusalem. Yakoov mengatakan foto-foto sejarah Holocaust akan dipamerkan hingga 27 Januari 2023 dan dia berharap akan terus berlangsung setiap tahun. (act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral