Gempa Bumi M5,2 di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo (19/7).
Sumber :
  • BMKG

Gempa M5,2 Guncang Tenggara Bone Bolango di Gorontalo

Senin, 19 Juli 2021 - 11:08 WIB

Jakarta – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,2 mengguncang tenggara Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) mencatat gempa tersebut terjadi pukul 07:55:45 WIB dengan kedalaman 141 kilometer. Pusat gempa berlokasi di laut, 65 kilometer dari Bone Bolango.

BMKG menyebutkan gempa tersebut dirasakan di Kabupaten Gorontalo, Luwuk, Ampana, Taliabu, Poso, Kota Gorontalo, Tolitoli, Bone Bolango, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Morotai Utara pada skala Mercalli Modified Intensity (MMI) II—III.

Skala III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Semakin tinggi MMI, semakin kuat guncangan dan dampak yang mungkin tejradi. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bona Bolango.

“Guncangan tidak menimbulkan dampak di wilayah tersebut,” tulis Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui laman bnpb.go.id.

Menurut Muhari, BPBD Kabupaten Bone Bolango melaporkan guncangan gempa M5,2 dirasakan sedang oleh masyarakat setempat.

“Warga tidak mengalami kepanikan saat guncangan berlangsung,” tulisnya lagi. BPBD setempat juga menginformasikan gempa tersebut juga tidak memicu terjadinya tsunami.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral