TNI AL dan BNN menggelar konferensi pers penggagalan penyelundupan kokain 179 kg.
Sumber :
  • YouTube TNI AL

Penyelundupan Kokain 179 Kilogram Menggunakan Jalur Laut, BNN: Jalur Paling Aman

Senin, 9 Mei 2022 - 20:35 WIB

Jakarta - Kepala Deputi Pemberantasan BNN RI Irjen Kennedy ikut memberikan keterangan pada konferensi pers bersama TNI AL, Senin (9/5/2022). Hal ini dilakukan setelah TNI AL menemukan 179 kilogram kokain di perairan sekitar Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (8/5/2022).

Kennedy mengatakan jalur laut dianggap merupakan jalur paling aman dalam penyelundupan narkoba antar-negara.

“Pada jalur laut 85 persen, paling aman dalam rangka penyelundupan narkoba ke antar-negara, 15 persen mungkin darat dan udara,” terang Kennedy.

Selain titik koordinat, ada semacam situs yang sering dipakai untuk memudahkan modus operandi di jalur laut.

“Modus operandi memang kalau tidak dilemparkan ke laut dengan titik koordinat, ini ada situs (mereka) untuk menangkap perpindahan dari laut atau kapal, sehingga yang jemput sudah dikasih titik koordinat dan ada pelampung, jadi itu yang diambil. Modus ini yang biasa digunakan para sindikat narkoba untuk memasukan narkoba ke Indonesia,” tambahnya.

BNN masih mempelajari apakah kokain yang ditemukan akan dipasarkan di Indonesia atau hanya transit ke negara lain. Sebab menurut Kennedy, kokain bukan jenis narkoba yang banyak digunakan di Tanah Air.

“Penggunaan kokain ini sangat kecil pangsa pasarnya di Indonesia, dan sekarang banyak menggunakan amfetamin atau sabu yang beredar di Indonesia. Kami sedang pelajari apakah ini dipasarkan di Indonesia atau hanya laluan atau transit ke negara lain,” tutur Kennedy. (mg3/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral