Sejumlah anggota TNI, Polri dan nelayan membentangkan bendera merah putih di perairan Pantai Losari, Makassar,.
Sumber :
  • ANTARA

Ragam Perayaan HUT RI ke-76 Saat Pandemi Covid-19

Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:32 WIB

Jakarta 17/8 - Tepat hari ini 17 Agustus 2021, seluruh masyarakat Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke 76 tahun. Perayaan HUT RI kali ini menjadi tahun kedua digelar di tengah pandemi Covid-19. Berikut rangkaian upacara HUT RI yang diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sudah menjadi agenda rutin, Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Uniknya para undangan mengenakan pakaian adat. Presiden tahun ini mengenakan pakaian adat Lampung. 

Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 TNI AU dengan "call sign" Garuda Flight membentuk "Arrow Head Formation" saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Formasi tersebut dipimpin oleh Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002 yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 3. 

Tak kalah unik, pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter dari atas kapal pinisi di perairan pantai mewarnai upacara bendera Hari Kemerdekaan ke 76 RI pada  tahun ini di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain atraksi pembentangan bendera 1.000 meter, Pemerintah Kota Makassar juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh maupun atlit berprestasi peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia terkhusus Kota Makassar.

Sementara itu Warga di Desa Lampeji, Kabupaten Jember, Jawa Timur mengibarkan bendera merah putih raksasa di Bukit Lampeji dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral