Logo MUI (Majelis Ulama Indonesia).
Sumber :
  • sumber: ANTARA

Banyak Warga Langkat Murtad, Diduga Ini yang Jadi Penyebabnya

Minggu, 15 Mei 2022 - 11:13 WIB

Jakarta – Viral dikabarkan banyak warga di Kawasan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara telah memutuskan untuk murtad atau keluar dari agama Islam. 

Berdasarkan fenomena ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut mengungkapkan bahwa ada penyebab yang berasal dari faktor eksternal dan internal.

"Ada dua hal, faktor eksternal dan internal," ujar M. Hatta selaku Ketua Bidang Dakwah MUI Sumatera Utara, kepada detiksumut, sebagaimana dikutip, Minggu (15/5/2022).

Penyebab Banyak Yang Murtad, Adanya Faktor Eksternal dan Internal


M. Hatta juga mengungkapkan jika dilihat dari aspek eksternal, tampaknya ada kelompok yang memang secara masif mengajak masyarakat di Langkat untuk keluar dari agama Islam (murtad). 

Kelompok tersebut awalnya menawarkan pekerjaan hingga uang.

"Eksternal ini adanya upaya-upaya sistemik yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu sehingga terjadilah guncangan dalam diri seseorang. Misalkan tawaran pekerjaan bahkan tawaran keuangan," ungkap Hatta.

Sedangkan, aspek internal yaitu didasari oleh bagaimana keimanan seseorang. Hatta juga menyatakan bahwa Muslim yang memutuskan untuk murtad disebabkan oleh iman yang lemah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral