Suasana di ruang tunggu saat UTBK SBMPTN di kampus ISI Yogyakarta.
Sumber :
  • Humas Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jangan Bingung, Berikut Hal-hal yang Dilakukan Saat Berada di Pusat UTBK

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:48 WIB

Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) untuk Gelombang Pertama tengah berlangsung. Ketika peserta sudah sampai di lokasi Pusat UTBK PTN, jangan bingung menentukan apa yang akan dilakukan.

Menurut Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dikutip dari laman Instagram, beberapa tips ini dapat diperhatikan ketika peserta telah berada di lokasi Pusat UTBK PTN.

Ketika tiba di Pusat UTBK, peserta dipersilahkan segera menuju ke gedung atau ruang lokasi ujian. Pusat UTBK PTN menyediakan ruang tunggu untuk peserta UTBK. Bagi peserta yang diantar ke lokasi, pastikan turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian. 

Untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, jangan lupa selalu patuhi prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama berada di lokasi. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk menuju ke ruang ujian dengan tertib dan menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid 19 seperti yang diinstruksikan oleh Pengawas Ruang. 

Jika masih merasa bingung atau terdapat kesulitan, silahkan segera hubungi atau temui Sekretariat Panitia di Pusat UTBK PTN. 

Saat pelaksanaan ujian, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan dan ditaati oleh peserta selama mengikuti ujian. Pertama, siapkan dokumen yang telah dibawa seperti yang sudah di instruksikan sebelumnya. Letakan di atas meja untuk diverifikasi oleh Pengawas Ruang. Barang selain yang diperlukan saat ujian, tidak boleh berada di atas meja atau dimasukan kedalam tas dan diletakan di tempat yang disiapkan.

Ikuti instruksi pengawas seperti kapan harus log in, latihan soal, dan patuhi tata tertib ujian. Setelah memasuki ruang ujian, usahakan peserta tidak berbicara dengan peserta lain tanpa alasan apapun. Selalu mengerjakan ujian sesuai petunjuk dan ikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan tetap menggunakan masker. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral