Multi Lane Free Flow, Bakal Jadi Sistem Pembayaran Tol yang Baru.
Sumber :
  • iStock Photo

Multi Lane Free Flow, Bakal Jadi Sistem Pembayaran Tol yang Baru

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:58 WIB

Jakarta - Akhir tahun 2022 ini, pemerintah berencana akan menerapkan sistem pembayaran tol yang menggunakan teknologi baru. Dengan teknologi ini nantinya, pembayaran menggunakan kartu tol tidak diperlukan lagi. 

Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengatakan nantinya sistem pembayaran jalan tol akan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," jelas Danang melalui laman resmi BPTJ.

Nantinya secara bertahap, uang elektronik dengan media kartu tol akan digantikan dengan sistem pembayaran berbasis server. Lalu apa sebenarnya teknologi Multi Lane Free Flow ini?

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, teknologi MLFF adalah teknologi berbasis Global Navigation Satelit System (GNSS) yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Nantinya, saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. Jadi sistem tersebut, akan melakukan kalkulasi total tarif tol ketika kendaraan keluar tol. Sehingga sistem ini dinilai lebih praktis dan efisien waktu. 

Untuk saat ini teknologi MLFF yang hendak dipakai masih dalam tahap pengembangan dan rencananya akan diuji coba di beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun ini. Pemerintah menargetkan, penggunaan MLFF ini dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2023.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
04:10
Viral