Dubes Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin (kanan) dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (07/06/2022)..
Sumber :
  • antara

Posisi G20 Sangat Menentukan Penyelesaian Konflik

Rabu, 8 Juni 2022 - 17:30 WIB

Jakarta - Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin menilai posisi G20 sangat menentukan untuk mengupayakan penyelesaian konflik di Ukraina.

“Sebab, forum ini mencerminkan representasi negara–negara di dunia,” kata Hamianin dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, kemarin.

Meskipun agenda utama G20 adalah bidang ekonomi, G20 tak dapat dipisahkan dari berbagai situasi dan permasalahan dunia kini, seperti ketahanan pangan, keamanan energi, hingga logistik.

Hamianin berharap G20 dapat mendorong upaya untuk mengakhiri konflik dengan segera. Ukraina percaya bahwa G20 bisa melakukan berbagai langkah strategis penyelesaian konflik yang diperlukan dengan mempertimbangkan kekuatan politik dan ekonomi yang dimiliki oleh negara-negara anggota.

Pemerintah Ukraina pun mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali November 2022 nanti.

Ukraina juga mendukungan Indonesia mengupayakan penyelesaian konflik dan pemberian bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Ukraina.

Menurut Hamianin, salah satu imbas konflik Rusia-Ukraina adalah tentang adanya 10 juta orang lebih yang menjadi pengungsi. Namun, saat ini situasi mulai berangsur membaik, khususnya di Ibu kota Kyiv. Hal ini tampak dari kembali beroperasinya 40 Kedutaan Besar negara sahabat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:00
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
Viral